Udah lama tau dan liat buku ini ada di bagian Best Seller toko buku, tapi entah kenapa gak kepikiran buat beli, karena dulu dikira ini buku cerita novel biasa. Ternyata saya salah! Ini buku penuh inspirasi dan motivasi. Oke, pertama-tama jangan judge buku ini dibuat oleh seorang biksu khusus untuk kaum Buddhis. Meskipun isinya diambil berdasarkan pengalaman dan ceramah seorang biksu, tapi cerita yang dituturkan bersifat universal dan cocok dengan ilmu kehidupan manusia sehari-hari.

Jadi, sebelum mulai membaca atau bahkan sebelum membeli buku ini, kosongkan dulu pikiran anda dan murnikan dulu hati anda :) supaya dapat menerima manfaat dari keseluruhan cerita di buku ini.



Buku ini memuat 108 cerita yang sering dijadikan bahan ceramah oleh Ajahn Brahm, seorang biksu yang berasal dari Inggris namun menimba ilmu kebiksuannya di Thailand bagian timur laut. Ajahn Brahm adalah murid dari Ajahn Chah dan banyak cerita di buku ini juga menceritakan gurunya yang kadang 'sangat bijaksana' :)


Jangan berharap akan mendapatkan detil mengenai ajaran Buddha dalam buku ini, karena seperti judul juga cover buku ini, semua cerita yang ada dituturkan dengan cara dan sudut pandang yang 'unik' dan seringkali menggelitik dengan cara yang 'cerdik' namun dapat meresap ke dalam hati.


Cerita-cerita anekdot dalam buku ini secara lugas membeberkan beberapa sudut pandang kita mengenai kehidupan yang seringkali salah justru menjauhkan diri kita sendiri dari kebahagiaan padahal kebahagiaan itu ada di dalam diri kita.


Setelah membaca buku ini, saya pribadi menjadi lebih kaya ilmu dan memiliki motivasi untuk terus mencari kebahagiaan dan sebisa mungkin mencoba untuk lebih bijaksana dalam melakukan segala hal. Intinya adalah memiliki rasa puas dan selalu berusaha menciptakan kebahagiaan, daripada terus membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain sambil terus mengeluh. :)

So, buku ini bisa menjadi pilihan tepat untuk memotivasi semangat hidup kita dikala sedang susah hati atau sedang loyo tidak bersemangat dalam beraktivitas. Setiap ceritanya disajikan dengan ringan dan dikombinasikan dengan ilustrasi dan perumpamaan yang mudah diikuti sehingga cocok untuk semua kalangan dan 'semua masalah' :) Selamat membaca~

0 comments:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda